Pendataan Aneka Tunjangan Tahun 2017

Kami Telah mengirimkan surat edaran Nomor : 800/277/419.109/2017 tanggal 9 Februari 2017, yang isi suratnya sebagai berikut

Menindaklanjuti surat dari Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 03530 / B.B1.2 / KV / 2017, tanggal 31 Januari 2017, perihal Pengelolaan Aneka Tunjangan 2017, maka perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memberitahukan kepada Kepala Sekolah dan Guru untuk segera meutakhirkan data dapodik periode semester 2 (dua) Tahun Ajaran 2016/2017 secara benar dan melakukan sinkronisasi pengiriman data ke pusat;
  2. Mengusulkan calon-calon penerima tunjangan diantaranya Tunjangan Profesi Guru, Insentif Guru Bukan PNS (tunjangan fungsional), bantuan peningkatan kualifikasi S1 sesuai format terlampir;
  3. Penetapan calon penerima Tunjangan Profesi Guru, Insentif Guru Bukan PNS (tunjangan fungsional), bantuan peningkatan kualifikasi S1 dilakukan oleh pusat berdasarkan data Dapodik yang valid pada awal Bulan Maret 2017;
  4. Adapun kelengkapan berkas bagi yang sudah bersertifikat pendidik meliputi :
  5. Hasil cetak nominasi usulan penerima TPG, Insentif Guru Bukan PNS (Tunjangan Fungsional), Bantuan peningkatan Kualifikasi S1
  6. Fotokopi sertifikat pendidik.
  7. Fotokopi SK berkala dan SK pangkat terakhir bagi PNS (terakhir desember 2016).
  8. Fotokopi SK Inpasing bagi Non PNS.
  9. Fotokopi rekening.
  10. Fotokopi NPWP.
  11. Fotokopi SK pembagian tugas semester 2 tahun ajaran 2016/2017. (Setiap sekolah rangkap 1 )

Berkas disusun sesuai urutan di atas dan dimasukan ke dalam bussines file dengan warna sesuai jenjang (bagi sekolah yang jumlah gurunya banyak, bisa menggunakan ordner) dan diberi label nama sekolah:

a. TK : Kuning b. SD : biru c. SMP : Hijau d. Pengawas : putih
  1. Kelengkapan berkas pengajuan Insentif Guru Bukan PNS dan Bantuan Biaya Peningkatan kualifikasi S1 jenjang TK, SD, dan SMP dimasukkan ke dalam bussines file dengan warna merah dan diberi label nama sekolah
    1. Kriteria penerima Insentif Guru Bukan PNS adalah sebagai berikut:
      – terdata dalam Dapodik dan dinyatakan valid;
      – Belum memiliki sertifikat pendidik;
      – guru bukan PNS di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah daerah atau masyarakat dan belum memiliki sertifikat pendidik
      -atau guru non pns berstatus sebagai guru bantu yang dibuktikan melalui Nomor Induk Guru Bantu (NIGB); maka guru non pns yang tidak punya NIGB tetap bisa mengajukan insentif guru bukan pns.
      – minimal S-1/D-IV, kecuali guru di daerah khusus dan guru bantu;
      – diutamakan bagi guru yang memiliki masa kerja minimal 10 (sepuluh) tahun secara terus menerus dan belum mencapai usia 60 (enam puluh) tahun;
      – memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
    2. Berkas yang dikumpulkan- Softcopy (excel) dan hardcopy format pengajuan insentif.
      – Fotokopi SK awal pengangkatan sebagai guru.
      – Fotokopi SK terakhir pengangkatan sebagai guru.
      – SK pembagian tugas mengajar.
    3. Kriteria guru penerima Bantuan Biaya Peningkatan kualifikasi S1
      1. Memiliki NUPTK
      2. Guru PNS dan bukan PNS yang belum memiliki ijazah S1
      3. Sedang menempuh pendidikan S1/D4
      4. Beban mengajar 24 jam
    4. Berkas yang harus dikumpulkan
      – Softcopy (Excel) dan Hardcopy Format bantuan peningkatan kualifikasi S1
      – Surat aktif sebagai mahasiswa
      – Fotokopi KHS terbaru
  1. Info terbaru berkaitan dengan Tunjangan Profesi dan format excel pengajuan Tunjangan Profesi Guru, Insentif Guru Bukan PNS dan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S1/D4 dapat di unduh di website http://pendidikan.kedirikota.go.id/ketenagaan/
  1. Untuk informasi berkaitan validasi penerbitan SK TPG bisa di liat di info gtk http://223.27.144.195:8081

Adapun berkas dikirim pada seksi Pengembangan Karir bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Kediri paling lambat tanggal 17 Februari 2017.

Download :
1. Surat Edaran pendataan aneka tunjangan halaman 1
2. Surat Edaran pendataan aneka tunjangan halaman 2
3. Format excel pendataan aneka tunjangan
(Update 1 field di format 3, agar jam mengajar bisa otomatis keluar)

Penjelasan:
1. Untuk pengusulan Insentif bagi guru non pns jika tidak punya NIGB (Nomor Induk Guru Bantu) tetap bisa mengajukan insentif
2. Untuk pengusulan Insentif bagi guru non pns ada kalimat diutamakan masa kerja 10 tahun, artinya yang masa kerja kurang dari 10 tahun bisa mengusulkan insentif
3. Baca terlebih dahulu petunjuknya di file excel, agar tidak terjadi kesalahan.
4. Untuk Format 4. Belum Sertifikasi, mohon di isi semua guru yg belum sertifikasi dan tenaga kependidikan (PTT, PTY)
4. Untuk Tunjangan Profesi Guru, golongan dan masa kerja yang dimasukan adalah golongan dan masa kerja yang ada di SK Kenaikan Pangkat atau Berkala yang paling akhir, maksimal TMT desember 2016.
Berikut contohnya :
a. Guru A,
– SK Kenaikan Pangkat, dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 25 tahun 3 bulan dengan TMT  1 April 2012
– SK Kenaikan Gaji Berkala dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 28 tahun 0 bulan dengan TMT  1 Januari 2015
– SK Kenaikan Gaji Berkala dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 30 tahun 0 bulan dengan TMT  1 Januari 2017

Maka golongan dan masa kerja yang dipakai adalah
SK Kenaikan Gaji Berkala dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 28 tahun 0 bulan dengan TMT  1 Januari 2015

1 2

b. Guru B,
– SK Kenaikan Pangkat, dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 25 tahun 1 bulan dengan TMT  1 April 2013
– SK Kenaikan Gaji Berkala dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 28 tahun 0 bulan dengan TMT  1 Maret 2016

Maka golongan dan masa kerja yang dipakai adalah
– SK Kenaikan Gaji Berkala dengan golongan IV/b, dengan masa kerja 28 tahun 0 bulan dengan TMT  1 Maret 2016

3 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *